Toko Buku Online Belbuk.com

Penjelasan Fokus Penelitian Kualitatif

Pengertian Fokus Penelitian Kualitatif - Setiap mahasiswa akan merasakan dengan yang namanya tugas skripsi, walaupun sebenarnya skripsi dapat dikatakan bukan suatu tugas lagi, melainkan sebagai kewajiban mahasiswa tingkat akhir.
Penjelasan terkait fokus penelitian,latar belakang untuk merumuskan masalah,masalah penelitian yang berhubungan langsung dengan fokus penelitian yang dipilih.

Banyak keluhan terkait dengan proses skripsi, seperti dalam penentuan jenis penelitian yang ingin diajukan sebagai skripsi, banyak dilema yang mesti tanggung oleh mahasiswa, sehingga pada titik inilah mahasiswa dituntut untuk berfikir kritis, rasional, dan logis. Terkait dengan hal tersebut tentunya mahasiswa harus memiliki banyak pengetahuan teori dan pemahaman dalam menentukan jenis penelitian yang akan ditempuh.
Baca Juga: Pengertian Subyek Penelitian Kualitatif
Meninjau pernyataan diatas, tentunya terdapat dua jenis penelitian yang sangat lumrah untuk dijadikan jenis penelitian mahasiswa tersebut, yaitu; Kualitatif dan kuantitatif.
Mengacu hal tersebut, markas fisika akan menjelaskan sedikit tentang pengertian fokus penelitian kualitatif.

Fokus penelitian adalah pemusatan fokus kepada intisari penelitian yang akan dilakukan. hal tersebut harus dilakukan dengan cara eksplisit agar kedepannya dapat meringankan peneliti sebelum turun atau melakukan observasi/pengamatan. Fokus penelitian merupakan garis terbesar dalam jantungnya penelitian mahasiswa, sehingga observasi dan analisa hasil penelitian bakal menjadi lebih terarah. Dalam memastikan fokus penelitian, anda mesti menyertakan syarat-syarat yang merupakan sebagai berikut :

  1. Logis
    Logis disini lebih ditekankan terhadap penelitian yang akan anda lakukan terkait dengan hasil observasi, bahwa rumusan masalah yang ditemukan harus masuk akal dengan latar belakang yang anda temukan melalui hasil observasi.
  2. Rasional
    Dalam menentukan rancangan penelitian, selain rumusan masalah yang terkait dengan latar belakang masalah, rancangan penelitian juga harus memiliki nilai rasional dalam menentukan tujuan dan teori yang digunakan, sehingga fokus penelitian dapat disesuaikan dengan keterbatasan dan kemampuan peneliti, jadi dapat dikatakan juga bahwa rancangan peneltian harus memiliki fleksibilitas dalam menguraikan masalah dan tujuan, dan penelitian yang  akan dilakukan kelak menjadi lebih effisien.
  3. Propaganda
    Dalam hal ini, sangat tidak etis jika mahasiswa melakukan propaganda terhadap rancangan penelitian nya. karena perlu diketaui bahwa propaganda merupakan suatu tujuan untuk mempengaruhi pendapat dengan memberikan informasi tidak secara obyektif atau hasil pengamatan yang mengada-ngada. Jika sudah seperti itu apakah anda dapat menentukan fokus penelitian dengan baik dan benar?
Jadi kesimpulan dari masing-masing ketiga point diatas adalah bagaimana peneliti menentukan fokus penelitian melalui beberapa tahapan observasi yang dilakukan untuk menarik masalah yang ditemukan secara rasional dan fleksibilitas, sehingga tercapai fokus penelitian yang akan dilalui oleh peneliti dalam rancangan penelitiannya.
Apabila peneliti ingin mengungkapkan pernyataan untuk menunjukkan bahwa penelitian mengarah pada satu masalah atau fenomena tertentu saja. Dalam hal fokus penelitian yang ingin dipertanggung jawabkan, peneliti dapat melanjutkan penjelasannya melalui rumusan masalah untuk menguraikan lebih spesifik / detail atas masalah atau fenomena yang dipilih peneliti.
Bagaimana? semoga penjelasan diatas dapat membantu anda dalam mencari referensi singkat tentang fokus penelitian kualitatif, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.
Sekian terima kasih
Buku Sumber Markas Fisika:
Fisika (Jilid 2) (Edisi 5)

0 Komentar Mengenai "Penjelasan Fokus Penelitian Kualitatif"

Post a Comment

Berkomentarlah selayaknya manusia yang mempunyai pikiran dan selalu menjunjung tinggi relevansi topik yang dibahas.
Terima Kasih