Toko Buku Online Belbuk.com

Fisika SMA: Pembahasan Soal Tentang Gerak

Pembahasan Soal Fisika Tentang Gerak - Selamat datang di markas fisika, terima kasih telah menyempat kan diri untuk berkunjung dan membaca di dalam blog ini, berhubungan terhadap judul postingan yang akan saya bagi kan, kali ini saya akan membagi kan tentang pembahasan soal gerak lurus, gerak parabola dan gerak melingkar.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan soal, perlu kalian ketahui bahwa pengertian gerak adalah peralihan tempat atau kedudukan suatu benda terhadap sebuah acuan tertentu, sehingga pengertian nya dalam gerak lurus yakni: gerak benda yang lintasan nya lurus terhadap sumbu x, sehingga gerak lurus terbagi menjadi 2:
  • Gerak lurus beraturan (GLB)
    Gerak benda yang mengikuti lintasan lurus dengan kecepatan tetap per satuan waktu, karena kecepatan nya tetap maka nilai percepatan benda adalah nol (0).
  • Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
    Gerak benda mengikuti lintasan lurus dengan kecepatan berubah setiap pertambahan waktu dan percepatan tetap.
Sedangkan gerak parabola merupakan resultan perpindahan suatu benda yang serentak melakukan GLB pada arah horizontal (sumbu x) dan GLBB pada arah vertikal (sumbu y).

Gerak melingkar di definisi kan sebagai gerak suatu benda pada lintasan yang berbentuk lingkaran.

Tentu nya kalian sudah paham tentang pengertian yang saya sampai kan di atas, jika sudah paham akan semua itu, di bawah ini merupakan pembahasan soal fisika tentang gerak:


1. Mobil bergerak lurus dengan kecepatan awal 36 km/jam, setelah menempuh jarak 150 m kecepatan nya berubah menjadi 72 km/jam, berapakah waktu tempuh mobil tersebut ?
Jawab:
Di ketahui :
v0 : 36 km/jam = 10 m/s
vt : 72 km/jam = 20 m/s
S : 150 m

Di tanya: berapakah waktu tempuh mobil tersebut ?

Penyelesaian:

Di karenakan pada soal tidak mencantum kan percepatan atau di anggap percepatan tetap, maka guna kan penyelesaian mengguna kan rumus seperti di bawah ini:
Kali ini markas fisika akan membagikan pembahasan soal tentang gerak untuk SMA, ada pun pembahasan soal nya seperti berikut, semoga bermanfaat..s = v1 + v0 / 2 di kali t, t = 2 di kali s / v1 + v0 = 2 di kali 150 / 20 + 10 = 300 / 30 = 10 s









Jadi, waktu tempuh mobil tersebut adalah: 10 s


2. Grafik di bawah ini, merupakan gerakan dari sebuah mobil
Kali ini markas fisika akan membagikan pembahasan soal tentang gerak untuk SMA, ada pun pembahasan soal nya seperti berikut, semoga bermanfaat..Percepatan mobil yang di hasil kan ketika mobil bergerak cepat adalah .... Di ketahui
















Percepatan mobil yang di hasil kan ketika mobil bergerak cepat adalah ....
Di ketahui
v0: 10 m/s
vt: 30 m/s
t: 10 s

Di tanya: Berapakah percepatan (a) pada mobil tersebut ?

Penyelesaian:
Kali ini markas fisika akan membagikan pembahasan soal tentang gerak untuk SMA, ada pun pembahasan soal nya seperti berikut, semoga bermanfaat..a = vt - v0 / t = 30 - 10/10 = 20/10 = 2 m/s^2








Jadi, percepatan pada mobil yang di gambar kan melalui grafik, adalah 2 m/s^2 .
3. Kecepatan (v) pada benda yang bergerak lurus terhadap waktu (t) di perlihat kan pada grafik v-t di bawah ini, Benda akan berhenti setelah bergerak selama ?
Kali ini markas fisika akan membagikan pembahasan soal tentang gerak untuk SMA, ada pun pembahasan soal nya seperti berikut, semoga bermanfaat..Kecepatan (v) pada benda yang bergerak lurus terhadap waktu (t) di perlihat kan pada grafik v-t di bawah ini, Benda akan berhenti setelah bergerak selama ?

Di ketahui:
di lihat dari grafik yang di saji kan, bahwa:
t = 0 ----> v0 = 20 m/s

t1 = 4 ----> v1 = 10 m/s

t = ....? ----> v = 0

Di tanya: Benda akan berhenti setelah bergerak selama ?

Penyelesaian:
Kali ini markas fisika akan membagikan pembahasan soal tentang gerak untuk SMA, ada pun pembahasan soal nya seperti berikut, semoga bermanfaat..a = delta v/ delta t = v1 - v0 / t1 - t0 = 10 - 20 / 4 - 0 = - 2,5 m/s








Sehingga waktu benda berhenti dapat di peroleh dengan rumus di bawah ini:
v = v0 + a.t 
0 = 20 + (-2,5) . t 
2,5 t = 20 
t = 8 s


Jadi benda akan berhenti setelah bergerak selama 8 s.



4. Roda yang jari - jari nya 20 cm berputar secara beraturan sehingga menempuh 120 putaran tiap menit. Berapa kecepatan linier pada suatu titik di tepi roda ?

Di ketahui:
r = 20 cm = 0,2 m
( w ) omega = 120 putaran tiap menit.

Di tanya: Berapa kecepatan linier pada suatu titik di tepi roda ?

Penyelesaian:
Kali ini markas fisika akan membagikan pembahasan soal tentang gerak untuk SMA, ada pun pembahasan soal nya seperti berikut, semoga bermanfaat..Di ketahui: r = 20 cm = 0,2 m ( w ) omega = 120 putaran tiap menit. penyelesaian: = 120 putaran/1 menit = 120.2 phi / 60 s = 4 phi rad /s, sehingga v = omega di kali r = 4 phi x 0,2 = 0,8 m/s












Jadi, kecepatan linier pada titik roda tersebut mencapai 0,8 m/s

5. Sebuah peluru di tembak kan pada sudut elevasi 60 derajat dan kecepatan 40 m/s, lihat gambar di bawah ini:
Kali ini markas fisika akan membagikan pembahasan soal tentang gerak untuk SMA, ada pun pembahasan soal nya seperti berikut, semoga bermanfaat..Sebuah peluru di tembak kan pada sudut elevasi 60 derajat dan kecepatan 40 m/s, lihat gambar di bawah ini:
Jika gesekan dengan udara di abai kan maka berapa ketinggian maksimum yang dapat di capai oleh peluru ? ( g = 10 m/s^2 ).

Di ketahui:

a (elevasi) = 60 derajat
v0 = 40 m/s
g = 10 m/s^2

Di tanya: berapa ketinggian maksimum yang dapat di capai oleh peluru ?

Penyelesaian:
Persamaan ketinggian maksimum yang dapat di capai oleh benda pada gerak parabola, yakni:
Kali ini markas fisika akan membagikan pembahasan soal tentang gerak untuk SMA, ada pun pembahasan soal nya seperti berikut, semoga bermanfaat..H maksimum = v0 ^2 sin ^ 2 a / 2 di kali g = vo ^2 sin^2 60 / 2 di kali 10 = 40 ^ 2 1 /2 akar 3 ^2 / 2 di kali 10 = 60 cm

Jadi ketinggian maksimum yang di capai oleh peluru adalah 60 cm

Bagaimana? apakah pembahasan soal tentang gerak, gerak lurus, gerak parabola dan gerak melingkar dapat di pahami? Jika ada yang belum di mengerti atau request pembahasan materi yang lain bisa kita diskusi kan di kolom komentar.

Baiklah, sekian artikel markas fisika yang berjudul pembahasan soal tentang gerak untuk SMA, lebih dan kurang nya mohon di maafkan.

Semoga bermanfaat.
Terima kasih kunjungan nya.

Sumber: Harmawan sandi, dan, Banun Choirul (2014). Top Pocket No 1 Fisika X, XI, dan XII. Jakarta: Wahyumedia.
Buku Sumber Markas Fisika:
Fisika (Jilid 2) (Edisi 5)

2 Responses to "Fisika SMA: Pembahasan Soal Tentang Gerak"

  1. Jadi inget dulu pas ulangan salah semua soal tentang Gerak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe, maklum gan, mungkin dulu masih kepikiran bermain + tdk serius dlm belajar...
      Sekarang kuliah atau kerja gan ?

      Delete

Berkomentarlah selayaknya manusia yang mempunyai pikiran dan selalu menjunjung tinggi relevansi topik yang dibahas.
Terima Kasih