Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gelombang Elektromagnetik Fisika Tentang Percobaan Hertz

Gelombang Elektromagnetik Fisika Tentang Percobaan Hertz - Selamat datang di markas fisika dan selamat berakhir pekan, tentunya seperti biasa markas fisika selalu update artikel setiap hari minggu.

Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan artikel tentang gelombang elektromagnetik fisika, yang pada sebelumnya telah saya publish artikel tentang Gelombang elektromagnetik fisika menurut Teori Maxwell.

Baiklah dibawah ini penjelasan gelombang elektromagnetik menurut percobaan Hertz.

Telah kita ketahui bahwa Maxwell belum dapat membuktikan hipotesisnya dalam kurun semasa hidup dirinya.

Dalam hal itu membuat seorang yang bernama Hertz untuk pertama kalinya menguji hipotesis Maxwell dalam Gelombang elektromagnetik pada tahun 1887..

Beliau bernama lengkap Heinrich Hertz, telah diketahui beliau bereksperimen menggunakan beberapa rangkaian peralatan seperti gambar dibawah ini.
spektrum gelombang elektromagnetik,spektrum elektromagnetik,spektrum gelombang,gelombang elektromagnetik adalah,gelombang adalah,contohgelombang elektromagnetik
Diagram Skematik Peralatan Hertz
Dengan menggetarkan sakelar (S), kumparan ruhmkorf tersebut akan menginduksikan tegangan pada kedua elektroda bola tersebut ke sisi (A), sehingga hal tersebut akan menimbulkan percikan bunga api yang dikarenakan sebuah pelepasan muatan.

Tidak disangka-sangka ternyata ke 2 elektroda tersebut yang terdapat pada loop kawat kedua di sisi (B) juga menampakkan percikan bunga api.

Hal tersebut dapat dipastikan telah terjadinya pemindahan energi gelombang elektromagnetik dari sisi sebelumnya atau sisi (A), yang berfungsi sebagai penerima.
Baca Juga: Pembahasan Soal Fisika Pada Materi Gelombang
Dalam eksperimen yang dilakukannya, beliau atau Hertz telah berhasil mengukur bahwa radiasi gelombang elektromagnetik frekuensi radio (100 MHz) yang dibangkitkan memiliki kecepatan rambat sesuai dengan nilai yang diramalkan oleh Maxwell.

Selain itu, eksperimen Hertz juga menunjukkan sifat-sifat gelombang dari cahaya, yaitu pemantulan, pembiasan, interferensi, difraksi, dan polarisasi.

Oleh sebab itu hipotesa Maxwell mengenai gelombang elektromagnetik telah terbukti kebenarannya melalui eksperimen Hertz.

Demi menghargai jasa Hertz, maka satuan frekuensi dalam S.I ditetapkan menggunakan nama Hertz (Hz).

Kesimpulan dari pernyataan di atas, telah terbukti dan tertulis beberapa sifat-sifat gelombang elektromagnetik.
Berikut sifat-sifat gelombang:

  1. Merambat dalam ruang hampa
  2. Adalah gelombang transversal
  3. Mengalami polarisasi
  4. Mengalami pemantulan atau yang biasa disebut refleksi.
  5. Mengalami pembiasan atau yang biasa disebut refraksi
  6. Mengalami interferensi
  7. Mengalami lenturan atau hamburan yang disebut sebagai difraksi.
  8. Merambat dalam arah lurus.
Oke.. bagaimana kawan-kawan?, semoga penjelasan Gelombang Elektromagnetik Fisika Tentang Percobaan Hertz, dapat dipahami.

Jika terdapat pertanyaan atau sekedar menambahkan, bisa kalian lampirkan di dalam kotak komentar atau menghubungi di halaman facebook Markas Fisika.

Baiklah. Demikian artikel kali ini, kurang dan lebihnya mohon di maafkan.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih.

#semangatbelajar.

Sumber: Foster, Bob (2004). Terpadu Fisika SMA. Jakarta: Erlangga

Posting Komentar untuk "Gelombang Elektromagnetik Fisika Tentang Percobaan Hertz"