Toko Buku Online Belbuk.com

Materi Hukum 1 Newton SMP Kelas 8

.
.
loading...
Materi Hukum 1 Newton SMP Kelas 8 - Selamat datang di markas fisika, semoga keadaan kalian dalam baik-baik saja :) , kali ini saya akan membagikan materi hukum 1 newton SMP Kelas 8, yang mana materi ini adalah kelanjutan dari materi tentang jenis-jenis gerak yang telah di bahas sebelum nya.
Baiklah sekarang simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Hukum 1 Newton... ada yang tahu ?
Siapa kira-kira nama orang yang menemukan hukum tersebut ?
Yup .. jawaban nya adalah Newton, perlu kalian ketahui bahwa Newton yang bernama lengkap Sir Isaac Newton merupakan seorang fisikawan yang mencakup dalam ilmu matematika dan astornomi, beliau merupakan warga ke negaraan inggris yang menjadi pengikut paham Heliosentris dan menjadi sebagai ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah fisika, sehingga beliau di sebut sebagai bapak fisika klasik.

Nah... Jika kalian sudah tahu, siapa di balik hukum 1 newton, sekarang saya ingin bertanya.
Pernahkah kalian merasakan peristiwa, ketika kalian berada di dalam mobil yang sedang melaju, dan tiba-tiba sopir tersebut nge-Rem mendadak. apa yang kalian rasakan ?
Tentu tubuh kalian seolah-olah terdorong ke depan berlawanan dengan arah gaya rem, perhatikan simulasi gambar di bawah ini.
kali ini saya akan membagikan materi hukum 1 newton SMP Kelas 8,yang mana materi ini adalah kelanjutan dari materi tentang jenis-jenis gerak.semoga bermanfaat.
Nah dari gambar di atas, dapat di simpulkan bahwa hal tersebut terjadi karena tubuh kalian cenderung mempertahankan posisi nya yang terus bergerak ke arah depan, namun di karenakan kendaraan di rem mengakibatkan ada gaya yang menahan gerak, sehingga kalian seperti terdorong ke depan.
Hal tersebut akan berlaku sama jika kalian berada di dalam mobil yang diam, seketika itu juga mobil tersebut berjalan / melaju, maka badan kalian akan terdorong ke belakang. betul nggak ?

Melirik dari peristiwa di atas, hal tersebut sangat berkaitan dengan apa yang di sampaikan dalam inti pemahaman Hukum 1 Newton, yang berbunyi.
"Sebuah benda terus dalam keadaan diam atau terus bergerak dengan kelajuan tetap, kecuali jika ada gaya luar yang memaksa benda tersebut mengubah keadaannya."
Sehingga bunyi hukum 1 Newton tersebut dapat di rumus kan seperti gambar di bawah ini:
kali ini saya akan membagikan materi hukum 1 newton SMP Kelas 8,yang mana materi ini adalah kelanjutan dari materi tentang jenis-jenis gerak.semoga bermanfaat.
Melihat dari peristiwa di atas dan bunyi hukum 1 Newton tersebut, dapat di ketahui juga bahwa hukum 1 newton juga menggambarkan sifat benda yang selalu mempertahankan keadaan diam atau keadaan bergerak nya yang di namakan inersia atau kelembaman.
jadi hukum 1 Newton = Hukum kelembaman.
Agar kalian lebih paham dalam konsep hukum 1 newton / Hukum Kelembaman, lakukan percobaan kecil seperti gambar di bawah ini.

Percobaan Hukum 1 Newton


Tujuan:
Mempelajari dan Memahami Hukum 1 Newton

Alat dan Bahan :
- 1 Lembar kertas
- 1 buah gelas ( boleh kaca boleh plastik )

Prosedur kerja
  1. Alat dan bahan di susun seperti gambar di bawah ini, lakukan percobaan ini di atas meja.
    kali ini saya akan membagikan materi hukum 1 newton SMP Kelas 8,yang mana materi ini adalah kelanjutan dari materi tentang jenis-jenis gerak.semoga bermanfaat.
  2. Tarik kertas secepat dan selaju meungkin, apa yang terjadi? Jelaskan !
  3. Tarik kertas lebih pelan dari sebelumnya, apa yang terjadi? Jelaskan !
  4. Setelah melakukan prosedur kerja ke 2 dan ke 3, buat lah sebuah kesimpulan percobaan tersebut terhadap materi hukum 1 Newton.
Nah, sekian materi hukum 1 newton SMP kelas 8, semoga apa yang di sampai kan markas fisika terhadap kalian, dapat di manfaat kan dengan baik dan membuat kalian lebih semangat dalam belajar fisika.
Perlu di ingat, Bahwa di dalam fisika, belajar saja tidak cukup, perbanyak lathan soal dan praktek yang baik.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih karena telah mengunjungi blog markas fisika yang sederhana ini,
Jangan lupa klik share nya yah :)
Buku Sumber Markas Fisika:
Fisika (Jilid 2) (Edisi 5)

0 Komentar Mengenai "Materi Hukum 1 Newton SMP Kelas 8"

Post a Comment

Berkomentarlah selayaknya manusia yang mempunyai pikiran dan selalu menjunjung tinggi relevansi topik yang dibahas.
Terima Kasih