Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LKS Perubahan Wujud Zat SMP Kelas 7

LKS Perubahan Wujud Zat - Wah.. sore-sore gini enak nya ngapain yah? kebetulan postingan ini di buat pada sore hari :) . dari tadi gulang-guling di kamar pusing nyari ide menulis blog, tetapi setelah ngobok-ngobok arsip folder komputer, ternyata banyak sekali file-file yang berguna untuk di publish ke blog, seperti contoh LKS perubahan wujud zat yang akan saya bagikan ini, berkas file ini telah usang di dalam folder yang jarang terjamahi sejak zaman aktif kuliah dulu ( mungkin file word nya udah banyak sarang laba-laba).

Dengan demikian, saya pun termotivasi untuk me-rewrite tulisan saya sendiri dengan modifikasi yang lebih mutakhir ( WoW ) :) .

Baiklah, tanpa banyak cincong dan bacot lagi, simak baik-baik LKS perubahan wujud zat di bawah ini, copy paste juga boleh :) .


Lembar Kerja Siswa
Perubahan Wujud Zat

Kelompok :
Nama Ketua:
Nama Anggota : 1.............  2............ 3............ 4.............

- Tujuan :
  1. Menyebutkan  perubahan wujud zat dengan benar.
  2. Menyebutkan susunan partikel zat padat dengan benar.
  3. Menyebutkan susunan partikel zat cair dengan benar.
  4. Menyebutkan susunan partikel zat gas dengan benar.
  5. Menjelaskan terjadinya peristiwa meniscus pada permukaan zat cair dengan benar.
  6. Menyebutkan  peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang bekerja berdasarkan efek gejala kapilaritas dengan benar.
- Dasar Teori
  1. Sifat benda
    Menyebutkan  peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang bekerja berdasarkan efek gejala kapilaritas dengan benar.
    Kamu telah mempelajari sifat-sifat benda padat dan benda cair. Masih ingatkah kamu, jika tidak coba kamu buka lagi buku tersebut. Benda padat umumnya keras bila di pegang. Apakah perbedaannya dengan benda cair? Perhatikan segelas air sirup! Sentuhlah dengan ujung jari tanganmu! Keras atau tidak? Bagaimana dengan benda berwujud gas? Perhatikan balon yang berisi udara! Lepaskan ikatan di mulut balon dan dekatkan telapak tanganmu di mulut balon tersebut! Terasakah udara yang keluar dari dalam balon? Terlihatkah olehmu udara yang keluar itu? Tidak bukan? Sekarang kita akan mengidentifikasikan wujud benda. Berdasarkan wujudnya, benda dapat di kelompokkan menjadi tiga, yaitu benda padat, benda cair, dan gas.


    Benda padat
    Adakah meja, almari, papan tulis, dan kursi di kelasmu? Adakah pensil, buku, dan penggaris di mejamu? Termasuk benda apakah semua itu? Bagaimana sifat benda tersebut? Benda-benda yang telah di sebutkan di atas termasuk benda padat. Pada dasarnya, zat padat memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
    - Bentuknya selalu tetap di manapun zatnya di simpan.
    - Tidak dapat mengalir,
    - Volumenya relatif tetap saat di beri tekanan.
    - Tidak dapat di mampatkan.
    - Mempunyai kekerasan yang tinggi.


    Benda cair
    Perhatikan lingkungan di sekitarmu! Adakah air? Termasuk benda apakah air? Ibumu di rumah menggoreng dengan apa? Termasuk benda apakah minyak goreng itu? Air dan minyak termasuk benda cair. Coba sebutkan contoh benda cair lainnya! Perhatikan minyak goreng yang di gunakan ayah atau ibumu memasak. Saat di dalam botol, minyak goreng bentuknya seperti botol. Saat di dalam wajan, minyak goreng bentuknya seperti wajan. Begitu juga saat kamu menyiram tanaman. air berubah bentuknya menyesuaikan wadahnya. Bagaimanakah sifat benda cair itu? Sifat-sifat benda cair, antara lain:
    - Bentuknya tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya
    - Bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar
    - Benda cair mengalir ke tempat yang lebih rendah
    - Benda cair menekan ke segala arah
    - Benda cair meresap melalui celah-celah kecil


    Benda gas
    Berbeda dengan benda padat dan cair, benda gas lebih sulit untuk di amati. Kalau kamu meniup balon, apakah yang kamu masukkan ke dalam balon? Benda yang kamu masukkan ke dalam balon adalah udara. Apakah udara dapat kita rasakan? Meskipun udara tidak dapat kita lihat, keberadaannya dapat kita rasakan. Hal ini terbukti saat kita berada di dekat balon yang terbuka. Kita dapat merasakan hembusan udara keluar dari mulut balon. Benda yang tidak dapat kita lihat, tetapi dapat kita rasakan itu di sebut benda gas. Benda gas biasanya tidak berwarna, ada yang berbau, dan ada yang tidak berbau. Sifat-sifat benda gas, antara lain, bentuknya tidak tetap karena selalu mengisi seluruh ruangan yang di tempatinya dan menekas ke segala arah.
    Secara umum, gas memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
    - Bentuknya tidak tetap
    - Volumenya tidak tetap, sesuai dengan ruangan yang di isinya
    - Dapat mengalir
    - Dapat di mampatkan

  2. Perubahan wujud zat
    Kita telah mengenal benda padat, cair, dan gas. Benda-benda tersebut mengalami perubahan wujud. Perubahan wujud yang di pelajari di sini adalah perubahan wujud yang dapat kembali. Beberapa peristiwa perubahan wujud benda, antara lain, mencair (melebur), membeku, menguap, mengembun, dan menyublim.

    Mencair ( Melebur )
    Pernahkan kamu minum es sirup atau es teh? Coba perhatikan baik-baik! Mengapa es dalam sirup lamakelamaan berubah menjadi air? Pernahkah kamu memasak dengan menggunakan mentega? Mengapa mentega berubah menjadi cair saat berada di penggorengan? Es dan mentega berubah wujud dari padat menjadi cair karena adanya kenaikan suhu (panas). Peristiwa perubahan zat padat menjadi zat cair di namakan mencair atau melebur.

    Membeku
    Perubahan wujud benda cair menjadi benda padat di sebut membeku. Es adalah wujud air dalam bentuk padat. Air dapat membeku jika mengalami penurunan suhu yang sangat dingin. Puncak gunung yang tinggi selalu di selimuti oleh salju. Salju tersebut adalah uap air yang membeku. Apakah nama alat rumah tangga yang dapat mengubah air menjadi es? Dapatkah kamu membuat es?

    Menguap
    Menguap merupakan peristiwa yang terjadi akibat dari perubahan wujud zat dari zat cair ke gas.conoh saat memasak air (zat cair) lama kelamanan akan timbul uap( zat gas ) saat mendidih.

    Mengembun
    Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud gas menjadi cair. Jadi, mengembun merupakan kebalikan dari menguap. Pada waktu gas mengembun, gas melepaskan kalor. Pernahkan kamu membuat minuman dingin, seperti es teh atau es jeruk? Bila kamu amati, bagian luar gelas tempat kamu membuat es teh atau es jeruk menjadi basah. Mengapa? Karena uap air dalam udara yang menyentuh gelas mengembun. Hal ini di sebabkan suhu gelas lebih rendah daripada suhu uap air di sekitar gelas.

    Menyublim
    Menyublim adalah peristiwa perubahan zat padat menjadi gas atau sebaliknya. Untuk membedakannya, kamu bisa menggunakan istilah melenyap dan mengkristal. Melenyap adalah peristiwa perubahan wujud padat menjadi gas. Mengkristal adalah perubahan wujud gas menjadi padat. Contoh melenyap dan mengkristal adalah kapur barus atau pun kamfer.

  3. Sifat bahan dan kegunaannya
    Perhatikanlah berbagai benda-benda yang ada di lingkunganmu! Benda-benda tersebut di buat dari bahan yang di sesuaikan dengan kegunaannya. Sifat-sifat benda yang biasanya di pertimbangkan, antara lain, kekuatan menahan beban, daya serap terhadap air, daya serap terhadap panas dan listrik, kelenturan, berat dan ringan, mudah dan sukarnya proses pembuatan, sampai keawetan. Berbagai jenis bahan yang biasanya di gunakan untuk membuat benda, antara lain, plastik, kayu, logam, karet, kaca, dan kertas. Berikut contoh penggunaan beberapa bahan tersebut.


    Bahan plastik dan kegunaannya
    Plastik banyak di gunakan sebagai bahan pembuat benda-benda yang kita gunakan seharihari, antara lain, jas hujan, kemasan air mineral, dan ember. Mengapa jas hujan terbuat dari bahan plastik? Plastik memiliki sifat tidak tembus air atau kedap air. Oleh karena itu, plastik di gunakan sebagai bahan pembuat jas hujan. Plastik ada yang tidak memiliki warna atau tembus pandang sehingga kita dapat melihat dan menilai kebersihan air yang dikemas di dalamnya. Namun, ada pula plastik yang memiliki warna. Penggunaan plastik yang berlebihan dapat menimbulkan pencemaran atau polusi lingkungan. Mengapa? Karena bahan ini sulit membusuk. Di negara-negara maju penggunaan bahan plastik diminimalisir untuk mengurangi pencemaran.


    Bahan logam dan kegunaannya
    Logam merupakan bahan yang kuat dan kokoh. Logam bersifat penghantar listrik dan tidak tembus cahaya meskipun memiliki permukaan yang mengkilap. Umumnya, logam dapat di bentuk dengan mudah bila di panaskan. Jenis logam yang banyak di gunakan adalah aluminium, besi, dan baja. Aluminium banyak dimanfaatkan untuk membuat bahan bangunan (atap, pintu, dan jendela) dan perabotan rumah tangga. Logam aluminium mudah di bentuk dan tahan karat. Selain itu, logam ini dapat di daur ulang sehingga tidak mencemari lingkungan. Benda yang terbuat dari besi cepat berkarat jika basah atau di letakkan di luar rumah. Pisau dan garpu banyak terbuat dari baja yang mengandung besi. Namun, benda tersebut tidak mudah berkarat karena bagian luarnya di lapisi kromium.


    Bahan karet dan kegunaannya
    Karet ada dua jenis , yaitu alam dan buatan. Karet alam berasal dari getah pohon karet yang di sadap, sedangkan karet buatan dari unsur-unsur kimia. Bahan ini kemudian di olah menjadi berbagai benda keperluan manusia. Keuntungan bahan karet, antara lain, bersifat lentur (elastis), tidak menyerap air, serta tidak mudah robek dan patah. Karet menjadi bahan baku utama pembuatan ban seperti mobil, sepeda motor, dan sepeda. Karet cenderung tidak tahan panas (mudah meleleh) serta tidak mudah membusuk sehingga mengakibatkan  pencemaran lingkungan.


    Bahan kertas dan kegunaannya
    Kertas berbentuk lembaran yang di buat dari serat kayu atau bambu. Kegunaan kertas, antara lain, untuk menulis, menggambar, dan sebagai pembungkus makanan. Kertas juga dapat di gunakan sebagai media untuk membuat koran, majalah, dan buku tulis. Kertas memiliki jenis yang bermacam-macam, mulai dari kertas yang lembut hingga kertas karton yang keras. Kertas sangat praktis karena dapat di buang setelah di gunakan. Selain itu, kertas yang tipis dapat menyerap cairan sehingga digunakan untuk membuat tisu. Kertas termasuk bahan yang mudah didaur ulang. Kertas daur ulang merupakan kertas yang terbuat dari kertas bekas. Kertas memiliki kelemahan, yaitu mudah terbakar, mudah robek, dan tidak tahan air.


    Bahan kaca dan kegunaannya
    Bahan kaca tembus pandang, dapat di lalui cahaya. Artinya, kita dapat melihat keadaan di balik kaca tersebut. Kaca dapat di gunakan sebagai bahan jendela dan spion kendaraan. Selain itu, kaca dapat di gunakan sebagai bahan pembuatan lensa kacamata. Kaca jenis ini dapat membantu penglihatan saudara-saudara kita yang matanya terganggu mengalami gangguan.
Untuk lebih memahami tentang peristiwa perubahan wujud  kalian dapat melakukan percobaan di bawah ini !
  1. Alat dan bahan
    - kaki tiga
    - Bunsen ( pembakar spritus )
    - Labu elenmeyer
    - Kapur barus
    - Kasa

  2. Langkah kerja
    - Susunlah rangkaian alat seperti gambar di bawah ini.
    LKS Perubahan Wujud Zat ini di bagikan secara gratis tanpa ini itu, dan semoga LKS perubahan wujud zat ini bermanfaat dalam pembelajaran yang baik..
    Susunlah alat seperti pada gambar
    - Masukkan kapur barus dalam labu
    - Panaskan kapur barus dalam labu elemeyer tadi dengan pemanas seperti gambar di bawah ini dan amati sampai kapur barus berubah wujud.
    - letakan kertas putih di atas pemanas kapur barus,  dan amati lah apa yang terjadi pada kertas putih tersebut.

  3. Pertanyaan
    - apakah perubahan wujud yan terjadi pada percobaan ke 3 ?
    - apakah perubahan wujud yang terjadi pada percobaan ke 4 ?
    - mengapa terjadi hal demikian? Jelaskan jawabanmu ?
Setelah melakukan percobaan dan menjawab pertanyaan di atas,
jawab lah pertanyaan di bawah ini.
  1. Apakah semua zat pada percobaan di atas bisa mengalami perubahan wujud ? Mengapa ?
    jawab:
    ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  2. Zat apa sajakah pada percobaan di atas yang menerima kalor ?
    jawab:
    ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  3. Perubahan apakah yang di alami oleh korek api yang terbakar? Apakah terbentuk zat jenis baru ?
    jawab:
    ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  4. Apa kesimpulanmu dari percobaan diatas?
    jawab:
    ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Tabel Pengamatan
No
Perlakuan
Perubahan Wujud Zat
Nama Perubahan
Wujud
1
Es didiamkan
…………………
……………………
2
Air di masukkan ke dalam lemari es
…………………
……………………
3
Es batu di masukkan ke dalam gelas kimia dan di amati bagian luar gelas
……………………
……………………
4
Kapur tulis digosokan kepapan tulis.
……………………
……………………
5
Air dipanaskan
…………………
……………………
Sekian artikel kali ini, yang berbagi LKS Perubahan Wujud Zat SMP Kelas 7, semoga LKS ini berkenan dan bermanfaat bagi anda sekalian. Akhir kata saya ucap kan terima kasih.

Posting Komentar untuk "LKS Perubahan Wujud Zat SMP Kelas 7"