Toko Buku Online Belbuk.com

Pengertian Besaran Skalar Dalam Fisika

Pengertian Besaran Skalar Dalam Fisika - Selamat datang dan berkunjung di markas fisika, semoga kalian yang berkunjung di blog ini, bukan semata-mata hanya untuk mencari referensi dan tuntutan tugas, tetapi untuk mencari ilmu dan belajar.

Baiklah, mengacu pada pembahasan sebelumnya, yaitu tentang besaran pokok dan besaran turunan, kali ini saya akan membagikan tentang penjelasan besaran skalar dalam fisika.

Mengapa besaran skalar dalam fisika ?, "berarti skalar ada juga pada materi lain ?"
Ia benar, Karena skalar merupakan konsep yang digunakan dalam matematika dan fisika, sedangkan konsep yang dipakai dalam fisika adalah versi yang lebih konkret dari ide yang sama dalam matematika.

Sebelum merangkak lebih jauh lagi, sekarang pertanyaan nya. Apa pengertian besaran skalar dalam fisika?

Besaran skalar merupakan besaran yang hanya memiliki nilai, tanpa memperhitungkan kemana arah besaran tersebut.
"bisa di pahami ?"

Sekarang.. Jika di tinjau dalam pengertian matematika, Apa itu skalar ?

Didalam matematika, jenis skalar bergantung pada konteks besaran dan object tersebut, hal tersebut bisa berkaitan bilangan Real, bilangan kompleks, atau bilangan rasional, secara umum, ketika ruang vektor dalam medan F dipelajari, maka F disebut medan skalar, tetapi jika situasi tersebut berada dalam aljabar matriks, skalar didefinisikan sebagai matriks ber-ordo 1 x 1 dan memiliki sifat-sifat seperti bilangan belaka.

Jika kalian sudah paham, dari kedua sudut pandang pengertian skalar tersebut.
Sebutkan contoh-contoh besaran yang merujuk sebagai dalam skalar pada fisika?
  1. Jarak
    Mengapa jarak termasuk, dalam besaran skalar? padahal definisi dari skalar adalah besaran yang mempunyai nilai, tanpa memperhitungkan arah.
    Besaran skalar merupakan besaran yang hanya memiliki nilai, tanpa memperhitungkan kemana arah besaran tersebut.. penjelasan besaran skalar dalam fisika...
    Jarak dan Perpindahan

    Jadi begini..
    Jarak merupakan angka yang menunjukkan seberapa jauh suatu benda berubah posisi melalui suatu lintasan tertentu, sehingga jika dipandang dalam konteks fisika atau di kehidupan sehari-hari, jarak di kondisikan dalam 2 buah posisi yang berdasarkan kriteria tertentu sehingga membentuk jarak fisik dengan rentang tertentu.
    Sehingga jarak dapat dikatakan besaran skalar, dan umumnya jarak bukan seperti koordinat posisi yang bernilai negatif.

    Jadi, di dalam fisika, jarak merupakan panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu obyek yang bergerak, mulai dari posisi awal dan selesai pada posisi akhir, konsep ini sering kali di samakan dengan konsep perpindahan, padahal jarak dan perpindahan merupakan 2 buah besaran yang berbeda, karena perpindahan termasuk besaran vektor yang memiliki arah.
Saya rasa penjelasan tentang definisi jarak, dapat membuat kalian cukup mengerti dalam memahami pengertian besaran skalar.
Dibawah ini, saya bagikan lagi, beberapa contoh besaran yang termasuk skalar:
  • Muatan listrik
  • Energi
  • Massa
  • Daya
  • Kelajuan
  • Suhu
  • Waktu
  • Volume
  • Usaha
Kesimpulan apa yang bisa kalian tarik dari penjelasan di atas?

Kesimpulan: " Besaran skalar merupakan besaran yang berpotensi terhadap kuantitas, bobot maupun angka yang terdapat dalam besaran tersebut, dengan demikian hal tersebut berbeda pengertian terhadap besaran vektor yang selain memiliki nilai, vektor juga memperhitungkan selalu arah, sehngga perbandingan tersebut, membuat besaran skalar menjadi ciri besaran yang tidak berubah dalam rotasi koordinat. "

Sekian penjelasan tentang pengertian besaran skalar dalam fisika, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.
Semoga berkenaan, terima kasih.

Sumber bacaan:
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Jarak
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Skalar
Buku Sumber Markas Fisika:
Fisika (Jilid 2) (Edisi 5)

0 Komentar Mengenai "Pengertian Besaran Skalar Dalam Fisika"

Post a Comment

Berkomentarlah selayaknya manusia yang mempunyai pikiran dan selalu menjunjung tinggi relevansi topik yang dibahas.
Terima Kasih