Toko Buku Online Belbuk.com

Fisika SMP - Jenis - jenis Gerak

Fisika SMP - Jenis - jenis Gerak - Selamat datang di markas fisika, kali ini saya akan menjelaskan materi tentang jenis-jenis gerak dalam fisika, materi kelas 8 SMP semester 1 ini merupakan salah satu bagian dari BAB 1 gerak dan gaya.
Sebelum masuk ke dalam penjelasan jenis-jenis gerak, coba kalian lakukan percobaan sederhana di bawah ini:

Coba kalian melakukan pergerakan dengan berjalan-jalan kecil mengitari ruangan kalian saat ini, sambil membawa pulpen A di tangan kalian dan masuk kan pulpen B ke dalam saku celana atau baju, kemudian sembari kalian berjalan, lempar ke atas dan tangkap  pulpen A tersebut berulang-ulang selama kalian berjalan.
Dari percobaan di atas, sekarang jawab pertanyaan di bawah ini.

  1. Apakah pulpen B melakukan pergerakan terhadap kalian ?
  2. Apakah kalian melakukan pergerakan terhadap lantai yang kalian pijak ?
  3. Apakah pulpen A melakukan pergerakan terhadap kalian ?
  4. Apakah Pulpen B bergerak terhadap lantai yang kalian pijak ?
  5. Dari percobaan di atas, apa yang bisa kalian simpulkan ?

Dari kesimpulan di atas, dapat di simpulkan bahwa, Pulpen B yang ada di dalam saku kalian tidak dapat di nyatakan bergerak terhadap kalian, tetapi kalian dapat di katakan melakukan satu macam gerak, yaitu bergerak terhadap lantai yang kalian pijak, ada pun pulpen A dapat di katakan melakukan 2 macam gerak, gerak pertama adalah pulpen A melakukan gerak terhadap kalian dan yang kedua, bahwa pulpen A melakukan gerak terhadap lantai.

Melirik dari percobaan di atas, tentunya di dalam ilmu fisika, gerak mempunyai beberapa jenis yang mesti kalian ketahui dalam materi ini, yakni
Gerak menurut keadaan benda
Gerakan benda dapat di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Gerak nyata
    merupakan gerak suatu benda yang di akibatkan oleh perubahan jarak dan posisi benda terhadap titik acuan.
  2. Gerak Semu
    merupakan gerakan suatu benda yang sebenarnya diam namun oleh pengamat teramati bahwa benda tersebut seolah-olah bergerak, gerak semu ini biasanya di akibatkan oleh keadaan pengamat yang sedang berada dalam suatu sistem yang bergerak. 

Dari pengertian ke dua jenis gerak di atas, dapat di asumsikan seperti ini: Ketika kalian duduk di dalam mobil yang sedang melaju, seketika nampak bahwa  pohon-pohon di tepi jalan seperti bergerak menjauhi kalian, benar nggak ? padahal, sebenarnya yang bergerak adalah mobil di kalian yang sedang berada di mobil tersebut, sehingga dapat di katakana bahwa pohon-pohon melakukan gerak semu, sedangkan mobil melakukan gerak nyata.

Adapun contoh lainnya dari gerak semu adalah ketika gerak matahari yang terbit di sebelah timur, dan terbenam di sebelah barat, terkadang kita berfikir, bahwa matahari lah yang bergerak terhadap kita, padahal sebenarnya yang bergerak adalah bumi dan kita sendiri yang berada di atasnya, sedangkan matahari dapat di anggap diam, dalam hal tersebut, bumi yang berotasi merupakan suatu sistem yang sedang bergerak dan kita sebagai pengamat yang berada di atasnya.
Gerak menurut bentuk lintasan
Setelah kalian paham tentang apa itu gerak semu dan gerak nyata, di bawah ini merupakan penjelasan tehadap gerak yang di bedakan menurut lintasannya, simak penjelasan di bawah ini:

  1. Gerak lurus
    merupakan suatu gerak yang lintasannya berbentuk garis lurus ( tidak berbelok-belok ). Lintasan merupakan titk-titik berurutan yang di lalui oleh suatu benda yang sedang bergerak. Contoh benda yang bergerak lurus merupakan gerak benda jatuh bebas, misalnya buah mangga yang jatuh dari tangkainya, dan sebagai contoh lain, coba kalian ingat-ingat ketika kalian bermain kelereng, kelereng tersebut menggelinding dengan lintasan yang lurus, dan contoh lain adalah pesawat yang sedang terbang dengan lintasan lurus di udara.

    Jenis - jenis Gerak,ada beberapa jenis yang mesti kalian ketahui dalam gerak,Gerak nyata dan Gerak Semu.berikut ini penjelasan gerak lurus,gerak melingkar,dan gerak parabola
    Buah kelapa yang jatuh
    merupakan salah satu
    contoh gerak lurus
  2. Gerak melingkar
    merupakan gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran atau bagian dari lingkaran itu. Dalam gerak melingkar jarak benda dengan pusat putaran tetap, namun posisi benda terhadap pusat lingkaran berubah, adapun contoh sebagai berikut: asteroid yang bergerak mengelilingi matahari dan jarum jam yang mengeliling pusat rotasi nya.
    Jenis - jenis Gerak,ada beberapa jenis yang mesti kalian ketahui dalam gerak,Gerak nyata dan Gerak Semu.berikut ini penjelasan gerak lurus,gerak melingkar,dan gerak parabola
    Jam dinding salah satu
    contoh gerak melingkar
  3. Gerak parabola
    merupakan gerak benda dengan lintasan berbentuk parabola. Contoh gerak parabola, seperti: benda yang di lempar dengan sudut elevasi tertentu terhadap bidang datar, bola yang di tendang melambung ke atas, dan ketika seseorang melakukan gerakan lempar lembing yang melambung ke atas.
    Jenis - jenis Gerak,ada beberapa jenis yang mesti kalian ketahui dalam gerak,Gerak nyata dan Gerak Semu.berikut ini penjelasan gerak lurus,gerak melingkar,dan gerak parabola
    Gerak parabola

Perlu di ketahui bahwa gerakan parabola memilii keunikan tersendiri, seperti sebuah benda pada ketinggian tertentu di lemparkan dalam arah horizontal. Ternyata, waktu yang di butuhkan oleh benda tersebut untuk mencapai tanah adalah sama dengan waktu yang di butuhkan oleh benda yang di jatuhkan vertical tanpa kelajuan awal dari ketinggian yang sama, fenomena ini menunjukkan bahwa gaya tarik bumi ( gaya gravvitasi bumi ) memberikan percepatan ke bawah yang sama besar kepada benda tersebut.

Bagaimana? Apakah kalian sudah paham tentang jenis-jenis gerak dalam fisika?
Untuk mempertajam pemahaman kalian, jawab pertanyaan berikut.

  1. Apa yang di maksud dengan gerak ?
  2. Jika kalian duduk dalam bus yang sedang bergerak, dapatkah kalian di sebut bergerak tehadap bus? Mengapa demikian ?
  3. Mengapa ujung jarum jam di katakan bergerak terhadap pusat rotasinya ?
  4. Apa benar, jika anda yang mengatakan bahwa matahari lah yang bergerak terhadap bumi? Jelaskan dengan penjelasan mu !

Sekian penjelasan kali ini yang berjudul jenis-jenis gerak dalam fisika, kurang dan lebihnya mohon di maafkan.

Semoga penjelasan di atas berguna buat kalian yang membaca.
Terima kasih. Buku Sumber Markas Fisika:
Fisika (Jilid 2) (Edisi 5)

0 Komentar Mengenai "Fisika SMP - Jenis - jenis Gerak"

Post a Comment

Berkomentarlah selayaknya manusia yang mempunyai pikiran dan selalu menjunjung tinggi relevansi topik yang dibahas.
Terima Kasih

LTC