Toko Buku Online Belbuk.com

Gelombang Elektromagnetik Fisika | Teori Maxwell

Gelombang Elektromagnetik Fisika | Teori Maxwell - Selamat datang kembali di markas fisika, sebelumnya saya ucapkan #happysunday bagi kalian dan selamat berlibur ria.. semoga bagi teman-teman dan adek-adek yang sudah melewati ujian nasional dapat mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan apa yang diperjuangkan sebelumnya, Amin.

Baiklah.. pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang Gelombang Elektromagnetik Fisika Teori Maxwell.
Perlu kalian ketahui bahwa gejala-gejala dan kemagnetan erat hubungannya satu sama lain. Hal ini tampak pada gejala-gejala sebagai berikut:

  1. Bahwa muatan listrik dapat menghasilkan  medan listrik di sekitarnya, yang besarnya diperlihatkan oleh hokum coulomb.
  2. Arus listrik atau muatan yang mengalir dapat menghasilkan medan magnet di sekitarnya yang besar dan arahnya ditunjukkan oleh hukum Biot-savart atau hukum ampere.
  3. Sehingga perubahan medan magnetik tersebut dapat menghasilkan GGL induksi yang dapat menghasilkan medan listrik dengan aturan yang diberikan oleh hukum induksi faraday.
Dalam kronologi Maxwell yang bernama lengkap James Clark Maxwell (1831 – 1879) merupakan seorang ahli fisika dari skotlandia.

Seorang yang bernama Faraday menemukan bahwa perubahan medan magnetik haruslah menghasilkan medan listrik, sehingga menurut Maxwell, perubahan medan listrik haruslah menghasilkan medan magnetik.

Sehingga berdasarkan anggapan itu yang terjadi pada tahun 1864, Maxwell mengemukakan suatu hipotesis:
“Karena perubahan medan magnetik dapat menimbulkan medan listrik, maka sebaliknya, perubahan medan listrik pun akan dapat menimbulkan medan magnetik”.
Dari pernyataan dan hipotesis yang kalian simak di atas, dapat di jelaskan dengan gambar dibawah ini.
gelombang elektromagnetik fisika | gelombang adalah | rumus gelombang elektromagnetik fisika | artikel gelombang elektromagnetik fisika|spektrum elektromagnetik
2 bola isolator yang bermuatan digetarkan sehingga menghasilkan
gelombang elektromagnetik.
Yaitu ke-2 bola isolator tersebut yang bermuatan listrik digetarkan pada pegas untuk menimbulkan perubahan medan magnetik dan medan listrik sehingga dipancarkanlah gelombang elektromagnetik.
Baca Juga: Pembahasan Soal Fisika Pada Materi Gelombang
Bila kita melihat perambatan medan listrik dan medan magnetik pada satu arah tertentu, maka gelombang elektromagnetik ditunjukkan seperti gambar yang dibawah ini.
gelombang elektromagnetik fisika | gelombang adalah | rumus gelombang elektromagnetik fisika | artikel gelombang elektromagnetik fisika|spektrum elektromagnetik
Perambatan gelombang elektromagnetik pada arah sumbu x
Diketahui medan listrik dan magnet magnetik selalu saling tegak lurus, dan keduanya tegak lurus terhadap arah perambatan gelombang. Sehingga, gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal.

Dari yang telah disampaikan di atas maka dapat diketahui kecepatan rambat gelombang elektromagnetik ditentukan oleh permeabilitas vakum µ0 dan permivitas vakum Ɛ0 sesuai dengan hubungan persamaan dibawah ini..
gelombang elektromagnetik fisika | gelombang adalah | rumus gelombang elektromagnetik fisika | artikel gelombang elektromagnetik fisika|spektrum elektromagnetik
Dengan memasukkan nilai µ = 4π x 10-7 Wb/Am dan Ɛ0 = 8,85 x 10-12 C/Nm2 ke dalam rumus di atas, sehingga di dapat lah c = 2,998 x 108 m/s.

Hal tersebut dikarenakan cepat rambat gelombang elektromagnetik ini tepat sama dengan cepat rambat cahaya dalam vakum, sehingga dapat disimpulkan bahwa cahaya merupakan gelombang elektromagnetik.


Bagaimana bisa kalian pahami? Mudah kan. Hehehehe.
Baca Juga: Latihan Soal Materi Gelombang
Saya rasa cukup sekian materi pada kali ini yang berjudul Gelombang Elektromagnetik Fisika Teori Maxwell. Jika terdapat pertanyaan atau saran, bisa kalian kirimkan di halaman facebook Markas Fisika.

Demikian artikel kali ini, kurang dan lebih nya mohon di maafkan. Terima kasih.
Bantu share yah :) .

#semangatbelajar

Sumber:  Foster, Bob (2004). Terpadu Fisika SMA. Jakarta: Erlangga
Buku Sumber Markas Fisika:
Fisika (Jilid 2) (Edisi 5)

0 Komentar Mengenai "Gelombang Elektromagnetik Fisika | Teori Maxwell"

Post a Comment

Berkomentarlah selayaknya manusia yang mempunyai pikiran dan selalu menjunjung tinggi relevansi topik yang dibahas.
Terima Kasih