Toko Buku Online Belbuk.com

Pengertian Besaran Fisika Dalam Sehari-hari

Pengertian Besaran Fisika - Jangan sungkan berkunjung di Markas Fisika, tentunya dengan berkunjung di blog ini, akan membuat kegiatan kalian lebih berguna.
Pengertian Besaran Fisika adalah sesuatu kegiatan atau objek yang kita ukur dan terukur, dan dapat di nyatakan dalam angka...
Kata-kata kunci IPA dalam Besaran
Simak baik-baik cerita berikut:
"Suatu hari ada seorang anak bernama Rendi, yang membantu ibu nya untuk membeli gula pasir di toko, ketika Rendi sampai di toko tersebut, dia bercakap-cakap dengan si penjual, ada pun isi percakapan nya seperti berikut:

Rendi: Permisi pak?

Penjual: Ia dek?

Rendi: saya ingin membeli gula pasir.

Penjual: mau yang berapa Massa nya?

Rendi: yang 1 Kg  saja pak."

Baiklah, melihat dari percakapan di atas, bagian percakapan mana yang berkaitan dengan pokok bahasan besaran?

Yup... benar, telah di ketahui ketika Rendi menjawab dari pertanyaan penjual, dia menjawab dengan jawaban membeli gula pasir 1 Kg setelah ditanya massa gula pasir yang ingin dibeli Rendi.

Menurut kalian, apa pengertian besaran, setelah menyimak cerita di atas?

Nah perlu diketahui, bahwa pengertian Besaran fisika adalah sesuatu kegiatan atau objek yang kita ukur dan terukur, dan dapat di nyatakan dalam angka.
Melalui pengertian tersebut dapat di rincikan sebagai berikut:
  1. Dalam cerita atau percakapan Rendi dan penjual, terdapat sebuah kata yang memiliki unsur besaran, yaitu Massa, dimana massa merupakan salah satu dari 7 besaran pokok, dan termasuk salah satu hal yang dapat di ukur dan terukur.
  2. Karena pada pengertian Besaran menyantumkan kegiatan atau objek, Maka hubungan dari cerita sebelumnya, objek gula pasir merupakan hal yang terukur atau di ukur.
  3. Dan 1 hal lagi bahwa Besaran dapat dinyatakan dalam angka, hubungan dari cerita sebelumnya, bahwa Rendi mengucapkan kata 1 Kg dalam percakapan membeli gula pasir, Kg merupakan satuan, sedangkan 1 merupakan Angka dalam penyebutan satuan.
Bagaimana? bisa dipahami? 

Jadi kesimpulannya begini: "Intinya pengertian besaran fisika itu adalah suatu penyebutan dalam kegiatan maupun objek, yang dilakukan secara mengukur dan objek yang telah terukur, sehingga hal maupun objek yang telah terukur maupun di ukur dapat memiliki dan dinyatakan dengan Angka. dengan demikian besaran fisika dapat juga di artikan pernyataan yang mengandung pengertian ukuran dan memiliki satuan atau hal-hal yang akan di ketahui ukurannya"

Sekian artikel tentang Pengertian besaran fisika dalam sehari-hari, kurang dan lebihnya saya minta maaf.
Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Buku Sumber Markas Fisika:
Fisika (Jilid 2) (Edisi 5)

0 Komentar Mengenai "Pengertian Besaran Fisika Dalam Sehari-hari"

Post a Comment

Berkomentarlah selayaknya manusia yang mempunyai pikiran dan selalu menjunjung tinggi relevansi topik yang dibahas.
Terima Kasih

LTC